Selasa, 25 Desember 2012

Tes Thema di Localhost Dengan Xampp

Untuk anda yang masih belajar wordpress secara offline atau pada localhost dengan menggunakan Xampp, berikut ID Tutorial tuliskan cara mengganti theme wordpress pada Xampp.
Sebenarnya tutorial ini tidak hanya khusus ditujukan untuk yang masih belajar wordpress melalui localhost, namun juga untuk mereka yang sudah mempunyai blog wordpress secara online. Sebagai saran dan memang ini seharusnya selalu anda lakukan yaitu tes terlebih dahulu theme yang ingin anda gunakan sebelum benar-benar dipakai pada blog utama anda. Ada beberapa alasan kenapa anda harus melakukan testing theme baru pada localhost :
  • Theme hasil download belum tentu kompatibel dengan wordpress yang anda gunakan, dengan melakukan testing dengan localhost maka akan diketahui apakah theme tersebut kompatibel dengan versi wordpress yang anda gunakan atau tidak. Penggunaan theme yang tidak kompatibel terkadang akan menimbulkan masalah serius, bukan hanya dari segi tampilan saja namun bisa jadi blog anda error secara total.
  • Theme wordpress yang anda gunakan sulit dioperasikan. Untuk beberapa jenis theme (umumnya yang premium wordpress theme) terkadang sulit untuk di operasikan. Tidak seperti theme yang biasa, theme premium memiliki banyak pengaturan yang terkadang lumayan rumit, oleh karenanya perlu proses pembelajaran terlebih dahulu. Selama proses penyesuaian terhadap theme baru anda, alangkah baiknya jika di lakukan pada localhost sehingga tidak mengganggu blog anda.
  • Theme tidak sesuai harapan. Terkadang sebelum mendownload atau membeli suatu theme wordpress, kita melihat Demo dari theme tersebut. Sepertinya demo yang dilihat sangat menarik, namun ketika di gunakan tidak sesuai dengan topik blog anda.
  • Bisa melakukan edit theme secara bebas. Setiap theme yang baru anda install, umumnya banyak yang perlu di edit dan disesuaikan. Mengedit theme wordpress secara offline bisa sangat lebih leluasa karena tidak ada rasa takut blog utama anda rusak apabila ada kesalahan edit, proses loading blog yang cepat karena tidak perlu koneksi internet, tidak takut kelihatan acak-acakan karena memang hanya anda yang melihat.
  • Dan banyak lagi alasan yang lainnya.

Cara mengganti theme pada Xampp

Dalam tulisan ini akan dituliskan dua cara dalam mengganti theme menggunakan Xampp.

Install Theme dengan backend WordPress

  1. Silahkan jalankan program Xampp anda, kemudian aktifkan Apache dan MySql .
  2. Buka blog wordpress local anda ( http://localhost/wordpress/)
  3. Silahkan login ke admin blog wordpress lokal anda.
  4. Alihkan perhatian ke sebelah kiri, klik pada menu Appeareance kemudian klik sub menuThemes.
  5. Klik tab menu Install Themes, kemudian klik Upload.
  6. Klik tombol Browse.. kemudian pilih file theme yang ingin anda pasang (file theme harus format .zip). Jika file theme sudah terpilih, klik tombol Install Now.
  7. Silahkan tunggu sampai proses selesai. Umumnya proses ini tidak memakan waktu yang lama karena masih dalam satu komputer.
  8. Apabila proses selesai, akan ada pilihan : PreviewActive, dan Return to Theme Page. KlikActive untuk mengaktifkan Theme tersebut.
  9. Selesai. Kini theme tersebut siap untuk di edit.

Install theme dengan langsung men copy paste data

Langkah 1
  1. Apabila theme yang mau di install masih terkompresi ( .zip), silahkan di ekstrak terlebih dahulu.
  2. Buka folder C:\xampp\htdocs\wordpress\wp-content\themes ( diasumsikan bahwa xampp di install pada drive C dan folder blog wordpress anda di namakan wordpress ). Copy folder theme yang mau di install, lalu paste pada folder C:\xampp\htdocs\wordpress\wp-content\themes tadi.
  3. Selesai.
Langkah 2
  1. Silahkan jalankan program Xampp anda, kemudian aktifkan Apache dan MySql .
  2. Buka blog wordpress local anda ( http://localhost/wordpress/)
  3. Silahkan login ke admin blog wordpress lokal anda.
  4. Alihkan perhatian ke sebelah kiri, klik pada menu Appeareance kemudian klik sub menuThemes.
  5. Theme yang tadi di masukan datanya akan muncul pada list theme yang bisa anda aktifkan.
  6. Klik Active untuk mengaktifkan theme tersebut.
  7. Selesai. Kini theme sudah berganti dan siap untuk di edit sesuka hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar